Monday, August 6, 2012

Aneka Wisata Kuliner NASGOR di Salatiga (Petunjuk Singkat Bagi Mudikers)

Kebutuhan atas informasi kuliner dirasa perlu untuk disampaikan ke publik, khususnya bagi mereka yang membutuhkan update informasi tempat kuliner atau warung makan. Apalagi bagi mereka yang sudah lama meninggalkan Salatiga dalam kurun waktu yang lama. Untuk itu pada tulisan ini akan menyampaikan informasi kuliner nasi goreng (nasgor) di Salatiga. Informasi hanya paparan singkat mengenai tempat kuliner yang diketahui oleh penulis. 


Salatiga menjadi kota nasi goreng yang melahirkan nasi goreng (nasgor) mania. Nasgor mania ini memiliki fanatisme atas rasa nasgor yang dijual di Salatiga. Pertama, nasgor pak Minto. Nasgor ini terletak di depan seberang jalan Pom Bensin Militer Nanggulan atau didepan gerai Alfamart. Nasgor ini hanya menyediakan nasgor ayam saja dan mie jawa. Agak berbeda dengan nasgor Jakarta yang 'kering', nasgor pak Minto agak 'basah'.


Kedua, nasgor Pak Joko. Nasgor ini sebenarnya mirip dengan nasgor pak Minto yaitu nasgor ayam saja. Lokasi nasgor ini di jalan Patimura depannya pintu gerbang  SMP 4 Salatiga. Nasgor pak Joko saat ini ada tambahan istimewa dari nasgor pak Joko yaitu taburan kulit ayam kering di atas nasgornya. Apabila dahulu nasgor pak Joko hanya menyajikan nasgor ayam, saat ini ada nasgor babat-iso bagi penggemar jeroan


Ketiga, nasgor Randuares. Nasgor ini terkenal murah dan berporsi banyak. Itulah keistimewaan dari nasgor ini, selain bercita rasa 'rumahan'. Lokasi nasgor ini ada di kampung Randuares, belakang RS Ario Wirawan yang berada di jalan salatiga-kopeng. Keempat, nasgor Gamol. Nasgor ini menjadi tempat tujuan pelajar yang berkantong cekak namun ingin menikmati nasgor. Seperti nasgor Randuares, nasgor Gamol murah dan berporsi banyak sehingga akan memuaskan kapasitas perut usia anak remaja dan pemuda. Lokasi nasgor Gamol berada di daerah Gamol yaitu dari arah perempatan grogol ke arah jalan lingkar Salatiga (JLS).


Keempat, nasgor Bulan Bintang. Dahulu lokasi nasgor ini terletak dibawah pohon beringin di pojok jalan yang mengarah ke jalan Brigjend. Sudiarto. Namun saat ini lokasinya berada didalam lapangan Pancasila dekat patung pahlawan. Keistimewaan nasgor ini adalah babat-iso-pete. Bagi pencinta jeroan, bisa memilih nasgor ditempat ini untuk mereka yang tidak menyukai nasgor ayam. Kelima, nasgor mbak Yati. Nasgor ini termasuk nasgor 'gado-gado' karena ada nasgor ayam dan babat-iso-pete. Lokasi nasgor ini ada di jalan Brigjend Sudiarto, setelah GKJ Sidomukti. 


Keenam, nasgor ngisor asem. Nasgor ini cukup populer di kalangan mahasiswa dan masyarat Salatiga. Nasgor ini termasuk nasgor 'gado-gado', namun andalannya adalah nasgor babat-iso-pete. Lokasi nasgor ini berada di jalan Ahmad Yani, depan Gereja Pantekosta di Indonesia. Ketujuh, nasgor Surabaya (motor). Nasgor ini disebut karena tempat jualannya berada di depan bengkel Surabaya Motor. Nasi goreng ini hanya menyediakan nasgor ayam seperti di nasgor pak Minto dan pak Joko. Lokasinya di perempatan jalan Sukowati, depan bengkel Surabaya Motor.


Kedelapan, nasgor depan klenteng. Nasgor ini agak berbeda dengan nasgor yang disebutkan diatas. Berbeda dalam cita rasanya, artinya apabila menginginkan nasgor yang bukan bercitarasa 'jawa' disinilah tempatnya. Lokasi nasgor ini di jalan Sukowati, tepatnya depan Klenteng. 


Kedelapan nasgor tersebut hanya nasgor mainstream yang populer di Salatiga. Masih ada nasgor Progo, nasgor pak Pur, nasgor Argamas dan masih banyak lagi. Selain nasgor yang ditawarkan warung makan seperti MJ Food, Mie Bangka, Mie Jakarta, Mie Plasa (Citra). Semoga informasi ini bermanfaat bagi warga Salatiga dan Mudikers.

40 comments:

  1. Kalau favorit saya Nasgor Apollo di Jl. Pattimura dari bunderan ke arah pabelan, sebelum Gardu Induk.

    ReplyDelete
  2. sebelah mana mas? dekat dengan warung bakso Coba Rasa atau dengan Cucian Mobil sebelah kanan atau kiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Java Online Training Java Online Training Java Online Training Java Online Training Java Online Training Java Online Training

      Hibernate Online Training Hibernate Online Training Spring Online Training Spring Online Training Spring Batch Training Online Spring Batch Training Online

      Delete
  3. Nambahi referensi lokasi ya om hehe..
    Di ABC ada warung nasgor enak juga lho sebenarnya..
    Lokasinya tepat di warung-warung halte ABC (yang arah ke Semarang)..
    Babat gongso-nya maknyut..
    Selain itu, tahu goreng yg disajikan sebagai camilan, mantap tenan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I have read your blog its very attractive and impressive. I like it your blog.

      Java Training in Chennai Core Java Training in Chennai Core Java Training in Chennai

      Java Online Training Java Online Training JavaEE Training in Chennai Java EE Training in Chennai

      Delete
  4. iya betul mas. 'dibawah' persis bangjo. enak juga disitu. terimakasih infonya mas. ada juga yang didepan kantor PDIP Argomas. itu lumayan juga mas. atau pasar sapi itu ada dua.

    ReplyDelete
  5. Hai Blogger, tulisan blog kulinernya informatif sekali:) Ikutan yuk di lomba blog 'Jelajah Kuliner Unik Nusantara' #KulinerDaihatsu

    Hadiahnya menarik lho! perjalanan wisata ke 5 kota gratis bersama Daihatsu. Ingin tahu informasi lengkapnya? lihat di sini http://bit.ly/jelajahkuliner

    ReplyDelete
  6. Nambahin mas yang tak kalah lezatnya, 6 Soto Paling Dicari di Semarang. Ini berdasarkan survei lhoo...

    ReplyDelete
  7. Wah kapan-kapan aku bisa mampir nih kalo ke salatiga sama temen-temen kantor pas acara rekreasi..
    Maksih infonya mas risanto...

    Numpang share yah mas,,, buat info juga
    Harga Daihatsu
    Daihatsu Granmax MB
    Daihatsu Ayla
    Kaos Distro dan Baju Distro Murah
    Obat Herbal Asam Urat

    ReplyDelete
  8. Paling enak memang jalan-jalan sambil kuliner...
    Jika ada siapa saja di sini yang merupakan pengusaha makanan dan kebanyakan usaha Agan tersebut banyak menerima pesanan 'bungkus' atau take away. Maka ane saranin untuk menggunakan Dus Makanan

    ReplyDelete
  9. nasgor pak minto emang juaranya

    ReplyDelete
  10. I can see that you are putting a lots of efforts into your blog. Keep posting the good work.Some really helpful information in there. Bookmarked. Nice to see your site. Thanks! Budidaya Kenari

    ReplyDelete
  11. wah ini makanan faforit ane gan, gile namanya seru seruu.. nasgor bulan bintang.. kreatif juga yg kasih nama..and ncice post.
    permisi, maaf numpang ini mas

    karimun jawa

    karimunjawa

    paket karimun jawa

    paket wisata karimun jawa

    sebelumnya makasih ^_^

    ReplyDelete
  12. Klo kita ga dijajah sama belanda, kayaknya ga akan ada Nasgor ya hehe,,, nasgor kan yg bawa ke kita itu nonie2 belandeee, abang2 penjual nasgor biasanya pada nangkring di tempat wisata di bandung, harga murah meriah, tpi rasa boleh diaadu dengan nasgor hotel bintang 7 ...hehe lima..

    ReplyDelete
  13. informasi kuliner yang sangat bermanfaat. trimakasih

    Obat perangsang wanita

    Obat vimax

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. saya suka pergi ke Tempat Wisata apalagi wisata kuliner, hmmm yummy banget tuh pastinya ya... asyik tempatnya tuh

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. lagi ujan ngomogin makanan.. ahhh laper deh jadinya..
    langsung cari tukang nasi goreng.. hehehe
    main kesini sob Lampion Benang

    ReplyDelete
  18. Pelatihan di Jogja is a network marketing and training information or training an employee who has worked with many consulting firms and training institutions.

    ReplyDelete
  19. Nasi goreng makanan favoritku tuh, next kalau main ke Salatiga mampir kesini deh.

    Aku punya informasi tempat makan di jakarta. Semoga berkenan

    ReplyDelete
  20. Wah, bagus liputan kulinernya. Izin menyimak yah...
    Jangan lupa untuk kunjungan balik ke blog sederhana Ane yah..
    Sobat cukup kunjungi link dibawah:


    FRANCHISE FRIED CHICKEN

    Jual Sabun Curah Online Murah klik disini: SABUN CURAH MURAH


    CARA MENGHILANGKAN JERAWAT | CARA MENGHILANGKAN BEKAS JERAWAT

    GAMBAR KARTUN DAN WALLPAPER KEREN

    GADIS YANG MEMESAN NERAKA JAHANAM | WANITA YANG DI AZAB SAAT MENUNAIKAN IBADAH HAJI

    PUISI CINTA

    ReplyDelete
  21. Oya, bagi Anda yang berminat untuk berobat atau mengikuti pelatihan teknik hipnoterapi Islam, silahkan kunjungi website PELATIHAN HIPNOTERAPI ISLAMI BANDUNG untuk mendapat pengetahuan lebih tentang Hipnotherapi dan ilmu kejiwaan lainnya.

    ReplyDelete
  22. Wah, mantap ulasan kulinernya Kang. Salam kenal yah.. :)

    Kunjungan baliknya ditunggu yah: Celana Outdoor Bandung Terbaik

    ReplyDelete
  23. Kami menyediakan Produk Chemical dan Jasa General Cleaning untuk Rumah, Hotel, Pabrik, Rumah Sakit dan Customer Retail dengan Kwalitas Maksimal Harga Terjangkau.

    please visit back at:

    ANEKA PEMBERSIH HIGIENIS
    | CONTOH CERPEN DAN PUISI
    | CELANA OUTDOOR LENGKAP

    ReplyDelete