Monday, April 1, 2013

Catatan si-Idjon Dua (Tanggapan atas Pernyataan Kapolri)

Pasca penyerangan Lapas Cebongan yang menewaskan 4 tahanan Polda DIY  telah menghasilkan dua reaksi yaitu, tuduhan yang diarahkan ke institusi yang anggotanya menjadi korban pembantaian preman di kafe ternama di Yogyakarta dan diunggahnya catatan di jejaring sosial dengan akun bernama Idjon Djanbi. Reaksi yang kedua menjadi respon atas stigma publik terhadap institusi yang anggotanya menjadi korban pembunuhan dan begitu dipercaya publik tanpa menimbang berbagai kemungkinan lain. Ketidakrelaan atas tuduhan publik mendorong Idjon Djanbi untuk memberikan klarifikasi yang juga membuat pencerahan terhadap publik.

Keunikan dari cacatan si-Idjon ini adalah minimnya respon dari pihak pemerintah baik POLRI, TNI, atau Presiden RI. Minimnya respon ini menjadi tanda tanya atas kemungkinan kebenaran dari substansi catatan tersebut, selain merupakan manifestasi kehati-hatian merespon isi catatan tersebut. Kehati-hatian ini juga patut dipertanyakan, kecuali hendak melihat dari sisi positif bahwa penyelidikan sedang dilakukan. Bahkan POLRI mengerahkan Densus 88 untuk mengejar pelaku pembataian. Dititik inilah pesimisme publik muncul, yaitu ketika Densus 88 mengejar dan memergoki pelaku yang sudah distigma dari kesatuan khusus TNI AD akan melempem alias ciut nyali untuk berhadap-hadapan. Diharapkan kalau benar pengandaian tersebut, POLRI tetap berpihak atas nama hukum untuk melawan siapapun yang melanggar hukum (Fiat Justitia Ruat Coelum).

Ditengah minimnya respon atas catatan si-Idjon muncul pernyataan dari KAPOLRI pasca pembantaian 4 tahanan Lapas Cebongan yang perlu dicermati. Pertama, berkaitan dengan pelaku yang tidak berpenutup kepala alias tidak menggunakan sebo. POLRI sedang membuat sketsa wajah dari keterangan para saksi dan akan menyebarkan sketsa wajah tersebut. KAPOLRI tidak memberikan penjelasan lebih lanjut dari ciri-ciri kepala atau wajah pelaku yang dilihat oleh saksi. Kepala dan wajah seseorang apabila sesuai dengan stigma publik bahwa pelaku dengan motif balas dendam berasal dari kesatuan khusus TNI AD maka akan sudah terlihat jelas yaitu kepala plontos alias cepak ala militer pada umumnya. Demikian pula seandainya kepala dan wajah pelaku tersebut berasal dari aparat POLRI sebagaimana dituliskan oleh Idjon Djanbi pada catatannya.

Kepala dan wajah pelaku yang tidak ber-sebo dapat menjadi petunjuk awal siapa pelakunya. Karena dengan tidak menutup kemungkinan pelaku menggunakan wig, maka apabila berasal dari kesatuan khusus TNI AD akan membutuhkan waktu lama untuk tidak berpenampilan ala militer pada umumnya. Potongan rambut cepak atau plontos ala militer mudah teridentifikasi, dan menjadi informasi awal pelaku pembantaian. Dalam hal ini patut diduga bahwa kehati-hatian KAPOLRI berkaitan dengan kebenaran dan ketidakbenaran isi catatan si-Idjon. Kebenaran dan ketidakbenaran tersebut memiliki implikasi politik atas dua institusi, TNI AD dan POLRI. Implikasi tersebut akan mampu menggemparkan dua institusi tersebut, minimal akan muncul kecaman publik yang keras.

Kedua, berkaitan dengan tanggapan KAPOLRI terhadap foto-foto yang disertakan dalam catatan si-Idjon. KAPOLRI menyatakan bahwa foto-foto tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan. Pernyataan tersebut dapat dimaknai dua hal yaitu terhadap fotonya an sich ataukah foto-foto tersebut bukan dirilis oleh pihak yang berwenang. Namun KAPOLRI tidak berani untuk menyatakan bahwa foto-foto tersebut adalah tidak benar atau merupakan hasil teknologi informasi, dalam bahas lain foto-foto tersebut hasil rekayasa dengan menggunakan photoshop atau photo editor. Dalam hal ini publik dapat menilai bahwa foto-foto yang disertakan dalam catatan si-Idjon memang berasal dari hasil jepretan atau dokumentasi si pemilik akun Idjon Djanbi.

Hasil dokumentasi si-Idjon patut diduga benar ketika KAPOLRI tidak berani memastikan ketidakbenaran foto-foto yang diunggah dalam catatan si-Idjon. Kemungkinan kebenaran inilah yang menjadi tantangan investigasi yang dilakukan oleh POLRI, karena akan berhadapan dengan kepercayaan publik yang sudah dibangun melalui catatan si-Idjon. Informasi yang berbeda jauh atau bertolak belakang dengan informasi yang sudah disampaikan dengan foto-foto yang hampir sama atau mirip-lah akan membangun ketidakpercayaan publik. Untuk itu nantinya penjelasan tim investigasi POLRI harus juga menyanggah foto-foto yang disampaikan si-Idjon dengan menampilkan foto-foto lain yang bukan hasil rekayasa POLRI.

Pasca pembantaian 4 tahanan POLDA di Lapas Cebongan memunculkan komplikasi setelah terbitnya catatan si-Idjon ini. Ketiadaan sanggahan dan belum adanya pernyataan resmi atas kemajuan penyelidikan yang dilakukan akan memantabkan penilaian di benak publik atas catatan si-Idjon. Pemerintah harus tampil secara berwibawa, dan jangan sampai kewibawaannya digerus oleh sebuah catatan yang nampak sangat rasional karena substansi dan sistematisasi penyampaian. Logika publik sedang dijungkir-balikkan disaat minimnya penjelasan pemerintah atas tragedi Lapas Cebongan. Catatan si-Idjon yang bergerilya di kalangan kelas menengah jangan dipandang sebelah mata. Kelas menengah dengan daya nalar yang kritis tidak mudah di distorsi oleh pernyataan kabur dan mengambang.

Pertaruhan atas kewibawaan pemerintah (baca:SBY) menjelang pemilu 2014 akan dikenang publik. Jatuhnya wibawa pemerintah berada diatas sebuah cacatan di jejaring sosial. Bahkan POLRI-pun tidak mengeluarkan pernyataan untuk menelusuri akun jejaring sosial, padahal POLRI memiliki unit cyber crime yang paling handal di ASEAN. Penelusuran dilakukan atas lokasi pengunggahan catatan tersebut, dan menelusurinya dengan mengirim unit khusus untuk melacak. Ataukah ini yang sedang dilakukan POLRI dan menyembunyikan dari pandangan publik karena daya kejut dari informasi yang dikumpulkan dan membahayakan kredibilitas POLRI atau instansi lain di luar POLRI.

Publik menunggu kejelasan atas pembantaian tersebut, karena berkaitan dengan penegakan hukum dan motif sebenarnya dari peristiwa tersebut. God bless Indonesia!

134 comments:

  1. akhirnya tuntas berita panas penembakan di lapas cebongan. Dengan sangat ksatria kopassus mengakuinya. semoga kejadian ini tidak terulang lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, semoga tidak terulang lagi ya..

      Delete
  2. berita tentang penembekan itu walau tidak Penting, Panas, Perlu dan Seruu seperti yang lain tapi tetap enak untuk disimak

    ReplyDelete
  3. semoga kejadian tersebut tidak akan terulang lagi. aparat baik POLRI maupun TNI harusnya menjadi contoh positif bagi masyarakat dan tidak seharusnya menunjukkan aksi premanisme seperti kejadian di Cebongan. semoga pihak penegak hukum mengusut tuntas kasus ini dan memberi hukuman yang setimpal bagi para pelakunya.

    Sunu Puguh. IT support staff @ Institut Manajemen Telkom.
    http://www.imtelkom.ac.id

    ReplyDelete
  4. Alhamdulilah akhirnya kasus Cebogan dapat diselesaikan dengan bijak dan adil. Semoga peristiwa ini dapat membuat para preman jera untuk berbuat anarkis terhadap aparat TNI AD khususnya anggota Kopasus. Salam hormat dari admin Jasa SEO Murah

    ReplyDelete
  5. siplah. ingin Laptop Murah banget atau informasi Unik dan Menarik semua ada di hertzer-zone.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. thanks for information..
    Nice post..
    I support your writing
    Thanks for your share, admin.. keep blogging

    ASUS Fonepad Tablet 7 Inci dengan Fungsi Telepon

    ReplyDelete
  7. KAPOLRI, apa sih ? situsnya aja di retas dia cuma cengar - cengir kok.

    Eh, gue ada referensi nih situs bagus agar tidak diretas.
    bikin web

    ReplyDelete
  8. makasih infonya gan

    http://rumahobatasli.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. I can see that you are putting a lots of efforts into your blog. Keep posting the good work.Some really helpful information in there. Bookmarked. Nice to see your site. Thanks!
      http://www.infosmartphoneku.com/2014/01/daftar-harga-hp-smartphone-samsung.html | Readmore

      Delete
  11. kasus tersebut memberikan pelajaran untuk kita semua agar lebih berhati hati:
    Vimax
    Pembesar Penis

    ReplyDelete
  12. info yang luar biasa

    http://serbaobat.com

    ReplyDelete
  13. thanks for this awesome web page, i like it alat bantu sex

    ReplyDelete

  14. wow ... I really like the bread rolls for special especially in weddings, anniversaries but this time I saw the bread with a very good design? I think I want to taste it

    harga Alat bantu sex
    Alat bantu sex

    ReplyDelete
  15. thanks for sharing article post like this boneka sex

    ReplyDelete
  16. Yang Hobi Nonton Film Online Bisa klik Link Dibawah

    Bioskop online Subtitle IndonesiaBioskop Online Subtitle Indonesia
    Nonton Film OnlineNonton Film Online
    Bioskop Online GratisBioskop Online Gratis
    Nonton MovieNonton Movie
    Nonton Film BaruNonton Film Baru Gratis
    bioskop indonesiabioskop indonesia
    Film online gratisFilm online gratis
    download film gratisdownload film gratis
    Bioskop onlineBioskop Online

    ReplyDelete
  17. I can see that you are putting a lots of efforts into your blog. Keep posting the good work.Some really helpful information in there. Bookmarked. Nice to see your site. Thanks!

    ReplyDelete
  18. wooow that is wonderful post
    ooh yaa visit http://blogayobi.blogspot.com/2015/01/trend-potongan-rambut-pria-2015.html

    ReplyDelete
  19. No komen kalo masalah urusan kepolisian.hee
    izin berbagi tips ya om, ini ada tips cara mencerahkan kulit yang aman dan cepat. Kunjungi ya om.

    ReplyDelete
  20. sangat bermanfaat sekali infonya mas yakrisanto... | Info tentang saya bisa di lihat dengan cara ketik di google 'surgakenari' http://www.surgakenari.com

    ReplyDelete
  21. walau sudah ketemu, tapi sayang sekali korbanya, mudah-mudahan besok2 lebih bijaksana dan hati-hati.

    mejalaptop-portable.com (meja laptop praktis dengan dua kipas yang dingin)

    ReplyDelete
  22. penjelaskan dalam artikel ini komplit, terimakasih atas informasi yang disampaikan nya,
    salam hangat: distributor

    ReplyDelete
  23. TeSCA merupakan pengukuran indeks, pemeringkatan dan sekaligus pemetaan perguruan tinggi yang melaksanakan atau memanfaatkan TIK dalam kegiatan pendidikan di lingkungan kampus. TeSCA dimulai sejak tahun 2008 dan sampai 2010 konsep TeSCA berupa pemberian penghargaan (awarding) bagi perguruan tinggi terbaik dalam pelaksanaan TIK di kampusnya. Sejak tahun 2011 program ini lebih diarahkan pada pemeringkatan perguruan tinggi yang telah melakukan TIK. TeSCA 2013 diorganisasi oleh PT Tempo Inti Media Tbk (TEMPO Media Group) serta didukung Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom), dan Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Detiknas).

    ReplyDelete
  24. polisi indonesia harus minum Propolis biar gak korup

    ReplyDelete

  25. Thank you for the information by reading this article I know a lot of things and we also develop ya can also visit us at

    Jual Obat Kuat, Alat bantu sex
    jual obat bius, jual obat tidur
    jual obat bius tokcer
    jual obat tidur tokcer



    ReplyDelete
  26. thanks for the info by reading this article I know a lot of things
    Jual obat bius
    Jual obat bius, obat tidur

    ReplyDelete
  27. Thank you for the information by reading this article I know a lot of things and we also develop ya can also visit us at

    Jual Obat Kuat, Obat perangsang wanita
    jual obat bius, jual obat tidur

    ReplyDelete
  28. Thank you for sharing helpful information and pulling it .. Success and keep the spirit in carrying out its activities ya !!! Cara Mengobati Nyeri Haid Secara Tradisional Have a nice day !!!

    ReplyDelete
  29. Working all out to cultivate the spirit can surely achieve what we yearn Obat Tradisional Hipertiroid Have a great weekend and have a nice day ! Manfaat Ace Maxs Obat Tradisional Edisi 1

    ReplyDelete
  30. Thanks for sharing this wonderful post.. It's help me much for me now and day - http://goodstuffgiveaways.com/

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. sebagai generasi masa depan saya lomba menulis artikel untuk memanfaatkan internet agar mendapatkan wawasan dan pengalaman kontes Blog-ID Forum Blogger dan Pebisnis Online Indonesiasebagai generasi masa depan saya lomba menulis artikel untuk memanfaatkan internet agar mendapatkan wawasan dan pengalaman kontes Blog-ID Forum Blogger dan Pebisnis Online Indonesia

    ReplyDelete
  33. Thank you for the information of his article is very nice and I like to read this article I know a lot of things thanks ...
    jual obat bius


    obat tidur

    ReplyDelete
  34. Ingin punya mobil yang anda impikan dengan mudah, anda bisa melihatnya disini. Jika anda sedang mencari gambaran harga untuk beberapa merk mobil anda bisa melihat disini. Untuk Honda HRV anda bisa melihat harga honda hrv disini. Kami sudah memberikan harga untuk masing masing tipe dari mobil hrv tersebut.

    Sementara itu untuk harga toyota yaris makassar anda bisa melihat melalui link tersebut. Selain itu kami juga memberikan daftar harga mobil untuk merk yang lainnya seperti harga nissan grand livina pekanbaru, harga suzuki ertiga makassar dan beberapa merk mobil lainnya.

    Jika anda membutuhkan lainnya terkait dengan harga mobil dan alamat dealer, silahkan kunjungi website: www.dealerpedia.org

    ReplyDelete
  35. Kasusnya sudah lama banget berlalu, tapi yang komentar masih cukup banyak sampai ini.. Salam kenal dari admin bengkelbola.net Agen Judi Bola Terpercaya

    ReplyDelete
  36. Sekalipun kasus ini kejadiannya sdh beberapa tahun yang lalu, namun semoga artikel ini setidaknya bisa memberikan tambahan pengetahuan buat kita semua, Oh ya, say juga telah berbagi artikel yang saya publikasikan melalui blog dengan judul Obat Penumbuh Rambut, Cara Praktis Mengatasi Rambut Rontok.

    ReplyDelete
  37. many places to add useful knowledge, such as a visit to this website thank you admin..jaket kulit murah visit my website

    ReplyDelete
  38. The first thing to visit this blog is a useful article and lots of information visit back jaket kulit pria .... thank you admin

    ReplyDelete
  39. This is a great article, Thanks for giving me this information. Keep posting
    Mebel Minimalis :
    Mebel Jepara Minimalis :
    Kursi Tamu Jati Minimalis :
    Mebel Jati Minimalis :
    Mebel Jepara :
    Meja Makan Murah :
    Mebel Jati Jepara :
    Mebel Jepara :
    Mebel Jepara Murah :
    Sofa Tamu Minimalis :
    Furniture Minimalis Murah :
    Karya Priboemi Jepara :
    Sofa Tamu :
    Furniture jati :
    Mebel Jati jepara :
    Mebel Jepara Online :
    Kursi Tamu Mewah
    Pintu Gebyok
    Tempat Tidur Minimalis
    Meja Makan Minimalis
    Furniture Jati
    Mebel Jepara Murah
    Kamar Set Minimalis
    Mebel Jepara Murah
    Mebel Jepara Terbaru
    Oleh karena itu mulai dari lima tahun terakhir kami sudah mengembangkan untuk pembelian produk furniture dengan menawarkannya di dalam hal ini saya ada rekomendasi untuk anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan pakarnya Produk unggulan mebel jepara seperti Sekarang rata rata dijual dengan harga standart yaitu di kisaran Rp. 7.000.000 Furniture Jati Jepara

    ReplyDelete
  40. cara membedakan cream sari asli dan palsu cream sari

    ReplyDelete
  41. Alat masturbasi
    penis mainan
    penggeli vagina
    penis putar mudah orgasme
    penis mini bisa getar erotis
    penis buatan buat wanita hypersex.
    penis lesbian enak seperti asli.
    penis getar seksi dan merangsang
    penis pompa seperti penis asli bisa besar kecil
    penis bercabang nikmat mudah orgasme
    penis idaman wanita kesepian sangat enak dan kenyal.
    alat perangsang vagina
    penis manual bisa zig-zag buat masturbasi dan pemanasan sesaat sebelum main seks.

    ReplyDelete
  42. Terima kasih telah memberikan kami informasi ini.
    bisnis pulsa elektrik

    ReplyDelete
  43. Hemoroid lebih dikenal di kalangan masyarakat Indonesia dengan nama ambeien atau wasir, obat hemoroid obat yang aman, silahkan Baca artikel disini . Jika obat medis ini ternyata juga tidak memberi kesembuhan, maka pengobatan alternative yang bisa menjadi pilihan adalah Obat kutil kelamin yang aman. OBAT HERBAL KUTIL KELAMIN ini lebih alami dan tanpa efek samping seperti pengobatan kimia lainya. Silahkan baca selengkapnya . Tahun lalu Organisasi Kesehatan Dunia memberikan laporan bahwa kasus penyakit gonore yang kebal terhadap silahkan baca disini telah menyebar di seluruh dunia. Fakta tersebut cukup memprihatinkan, sebab jika obat alat vital bernanah yang biasa digunakan untuk mengatasi penyakit gonore tidak mampu lagi menyembuhkan penderita penyakit ini. Wasir atau hemoroid memiliki penyebab dan faktor yang cukup banyak. Selain karena sembelit dalam jangka waktu yang lama, terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas pun menjadi salah satu penyebab terjadinya hemoroid. Dapatkan Obat herbal hemoroid , Baca artikel disini

    ReplyDelete
  44. You have made some decent points there. I checked on the web for additional information about the issue and found most individuals will go along with your views on this web site.
    melia propolis asli dan palsu

    ReplyDelete
  45. You're so interesting! I do not think I have read through something like this before. So nice to discover another person with genuine thoughts on this issue. Really.. thank you for starting this up. This website is something that is required on the web, someone with a bit of originality! obat keputihan nes v

    ReplyDelete
  46. Mount Rinjani Information History of mount Rinjani www.halomitrekker.com
    Mount Rinjani InformationMain object of Rinjani www.halomitrekker.com
    Rinjani Trekking Information Rinjani trekking Routes www.halomitrekker.com
    Rinjani Trekking Information Rinjani trekking via Senaru www.halomitrekker.com
    Rinjani Trekking InformationRinjani trekking via Sembalun www.halomitrekker.com
    Mount Rinjani TrekkingRinjani Senaru Accommodation hotel www.halomitrekker.com
    Mount Rinjani Trekking Rinjani trekking 2 days 1 night crater senaru www.halomitrekker.com
    Mount Rinjani Trekking Rinjani Trekking 3 days 2 Nights lake via Senaru www.halomitrekker.com
    Mount Rinjani Trekking Rinjani Trekking 3 days 2 days summit via senaru www.halomitrekker.com
    Mount Rinjani Trekking Rinjani Trekking 4 Days 3 Nights summit via Senaru www.halomitrekker.com
    Mount rinjani Trekking Rinjani Trekking 2 Days 1 Night summit via Sembalun www.halomitrekker.com
    Mount rinjani Trekking Rinjani Trekking 3 Days 2 nights summit via Sembalun www.halomitrekker.com
    Mount Rinjani Trekking Rinjani Trekking 4 Days 3 nights summit via Sembalun www.halomitrekker.com

    ReplyDelete
  47. Lombok Rinjani Trekking information Rinjani Trekking www.halomitrekker.com
    Rinjani Trekking Centre Rinjani Trek Centre www.rinjanitrekkingcentre.com
    Rinjani Trekking tour packages Rinjani Trekking Packages www.halomitrekker.com
    Mount Rinjani National park Rinjani Trekking Information www.halomitrekker.com
    Rinjani Summit Summitting Rinjani www.halomitrekker.com
    Speed boat to gili islands Gili Lombok Speed Boat www.halomitrekker.com
    Gili islands information Gilis Islands www.halomitrekker.com
    Go to gili islands Getting to the Gilis www.halomitrekker.com
    Rinjani personal daypack Rinjani requerements www.halomitrekker.com
    Mount Rinjani Information Best part Rinjani Mountain www.halomitrekker.com
    Mount Rinjani Information, Green Rinjani trekking Green For Mount Rinjani www.halomitrekker.com
    Mount Rinjani Information Rinjani daily weather forecast www.halomitrekker.com

    ReplyDelete
  48. oh begitu toh ternyata tanggapannya.. hmm saya Malindo, menurut saya tanggapan itu sangatlah bagus dan bermanfaat . Thanks ya

    ReplyDelete
  49. It’s difficult to find educated people in this particular topic, but you sound like you know what you’re talking about! Thanks harga lapunzel asli

    ReplyDelete
  50. proses pencegahan sebagai Obat alat vital sakit ini juga perlu dibantu dari orang-orang yang ahli di dalamnya sehingga pencegahan tersebut efektif dan bisa sesuai dengan sasaran, silahkan baca selengkapnya . Penyakit kanker payudara bisa disembuhkan jika ditangani sejak dini dengan Obat herbal kanker payudara . Anda harus mengetahui gejala-gejala kanker payudara agar anda dapat mengobatinya sebelum terlambat silahkan baca selengkapnya . Tapi jika anda sudah terlanjur terkena penyakit ini, maka pengobatan yang harus dilakukan dengan Obat kutil di alat vital , lebih lengkapnya silahkan baca selengkapnya . Sebelum membicarakan tentang Obat kutil di daerah alat vital , sebenarnya ada hal lain yang lebih penting dari hal itu, yakni tindakan pencegahan silahkan baca selengkapnya . bila kita melihat lebih jauh dan meneliti beberapa kasus yang ada Obat keluar nanah di kelamin yang paling manjur adalah pencegahan sejak dini, silahkan baca selengkapnya . Dan ternyata ada Obat herbal wasir yang secara alami masih bisa dikonsumsi, silahkan silahkan baca selengkapnya .

    ReplyDelete
  51. Wisata kawah ijen merupakan salah satu wisata yang cukup terkenal di banyuwangi jawa timur. Sebenarnya selain kawah ijen, kota banyuwangi memiliki tempat wisata menarik lainnya yang harus dikunjungi oleh anda yang senang travelling seperti taman nasional baluran, pantai pulau merah, dll. Biasanya, agen tour menawarkan paket wisata kawah ijen beserta dengan paket lainnya seperti paket wisata kawah ijen dan taman nasional baluran.

    Anda ingin mengetahui tarif sewa mobil di kota malang batu? Untuk harga sewa mobil avanza, xenia, ertiga, splash dan karimun untuk full day Rp.375.000,- (sewa+sopir) non bbm, non parkir, non tol dan uang makan sopir. Kalau tarif sewa mobil innova di malang Rp.475.000 dan untuk harga sewa mobil elf short Rp.750.000 dan elf long Rp.950.000

    ReplyDelete
  52. Semoga kasus seperti ini tidak terjadi lagi.
    iklan gratis

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. sebaiknya lapor aja mas ke kapolda setempat..

    Kebun Bunga

    ReplyDelete
  55. I like it this really good information
    viagra usa

    ReplyDelete
  56. Kami METRO PROPERTI BALIKPAPAN, Melayani permintaan jasa desain, bangun dan renovasi rumah, ruko, gedung, workshop, kantor, gudang, dll

    Info hubungi kami email : metroproperti74@gmail.com. Cc : ke email :pgt.bpn@gmail.com. Telp : 0542-8512815 Hp : 0853 9149 3069

    METRO PROPERTI BALIKPAPAN
    Jasa Desain, Bangun & Renovasi Rumah
    http://www.metroproperti.co.id

    ReplyDelete
  57. Dalam bidang kesehatan, pembiusan disebut dengan anestesi, yang berarti ‘tanpa sensasi’. Tujuan obat bius adalah membuat mati rasa area tubuh tertentu atau bahkan membuat Anda tidak sadarkan diri (tertidur). Dengan mengaplikasikan obat bius, dokter bisa leluasa melakukan tindakan medis yang melibatkan peralatan tajam dan bagian tubuh tanpa menyakiti Anda.
    Obat bius yang digunakan dalam praktik medis memiliki banyak jenis dan sediaan. Ada yang membuat bagian tubuh mati rasa hingga membuat tak sadar. Mengapa obat bius dibuat beraneka ragam ? Tak hanya berfungsi untuk membuat orang tak sadar saat dioperasi, pada tindakan medis lain pun obat bius amat diperlukan.
    Misalnya saja untuk mencabut gigi, dimana obat bius digunakan untuk mematirasa area yang akan dilakukan pencabutan. Obat bius adalah sebuah tindakan yang diambil dokter untuk meredakan rasa nyeri. Baik yang bersifat lokal atau hanya mematikan rasa pada area tertentu, hingga yang menidurkan atau menghilangkan kesadaran seseorang.Oleh karena kebutuhan untuk meredakan rasa nyeri ini sangat subyektif pada masing-masing orang, maka Obat Bius pun diciptakan dengan berbagai cara kerja dan penggunaannya.

    ReplyDelete